Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Mengadakan Festival Revitalisasi Sastra Lisan di Kabupaten Rejang Lebong

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu mengadakan Festival Revitalisasi Sastra Lisan Geritan, Sambei, Rejung bagi Tunas Muda Sastra di Kabupaten Rejang Lebong, Selasa, 23 Agustus 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) Rejang Lebong.

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, M.M., dan dihadiri oleh Ketua PKK, Wakil Bupati Rejang Lebong beserta ibu, Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Ketua DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Pemuda dan Olahraga, Kapolres Rejang Lebong, Kejari, Dandim 0409 Rejang Lebong, Danyon 144 Jaya Yudha, Pimpinan Perguruan Tinggi Rejang Lebong, Ketua BMA Kabupaten Rejang Lebong, Ketua Organisasi Wanita, Ketua Dharma Wanita, dan Budayawan Pelestari Sastra Lisan dan Tulisan Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam sambutannya, Bupati Rejang Lebong berterima kasih kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek yang mempercayakan Kab. Rejang Lebong sebagai salah satu daerah yang masih menjunjung tinggi tradisi sastra lisan Geritan, Sambei, dan Rejung. Bupati ingin kegiatan festival revitalisasi seperti ini menjadi agenda tetap agar kebudayaan daerah tidak tergerus perubahan zaman.

Selanjutnya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Ibu Dwi Laily Sukmawati,S.Pd., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara festival ini merupakan rangkaian terakhir dari program Revitalisasi Sastra Lisan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu tahun 2022 serta memuji tunas muda dari SMP Negeri 1, 2, 3, 4, 5 Rejang Lebong yang menjadi peserta dalam kegiatan kali ini.

Acara utama kegiatan ini adalah Penampilan Sastra Lisan Geritan, Sambei, dan Rejung oleh Tunas Muda Rejang Lebong yang telah dibina oleh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupatern Rejang Lebong.