Puncak Rangkaian Festival Digital Msikalisasi Puisi Tahun 2022

Musikalisasi puisi memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan, yaitu nada, irama, pelafalan, harmoni, dan ekspresi. Kemudian dari segi bentuk musikalisasi puisi, ada beberapa pendapat yang membagi bentuk tampilan musikalisasi puisi sebagai berikut, (1) Musikalisasi Puisi  Total, artinya seluruh isi puisi diubah dan diterjemahkan ke dalam bentuk instrumen musik, dengan kata lain tidak ada lirik puisi yang dibacakan selain judul puis saja; (2) Musikalisasi Puisi Iringan, artinya puisi dibawakan dengan diiringi permainan alat musik, seperti gitar, piano, biola atau lainnya. Jenis musikalisasi ini tetap dibawakan dengan cara pembacaan puisi seperti biasanya, hanya perbedaanya terletak pada iringan musik; (3) Musikalisasi Puisi Lagu, artinya seluruh isi puisi diubah ke dalam bentuk lagu dan dinyanyikan bersama dengan iringan musik; (4) Musikalisasi Puisi Campuran,  artinya puisi dibawakan dengan membaca puisi sambil diiringi musik dan juga dinyanyikan seperti sebuah lagu.

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita pahami bahwa bermusikalisasi puisi adalah sebuah kreativitas sastra yang dapat memartabatkan puis sebagai sebuah karya sastra. Sebagaimana kita ketahui puisi sarat dengan karakter, idelaisme, dan rasionalisme dalam diri seseorang (penyair) yang dapat dijadikan sumber pengajaran dan pembentukan karakter siswa di sekolah. Salah satu langkah memartabatkan puisi di sekolah adalah dengan cara mengadakan lomba musikalisasi puisi bagi siswa. Lomba musikalisasi puisi bagi siswa di Bengkulu telah dilakukan setiap tahun oleh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu.  Lomba ini merupakan ajang apresiasi siswa SLTA terhadap puisi sebagai sebuah kaya sastra. Pada tahun ini, ajang apresiasi siswa terhadap puisi ini  diberimana “Festival Digital Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022.”

Tujuan  kegiatan  “Festival Digital Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022” ini diantaranya adalah sebagai berikut (1) untuk meningkatkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran  sastra di sekolah; (2) untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam memaknai sebuah karya sastra; (3) Mendekatkatkan siswa dengan karya sastra; dan (4) untuk memotivasi sekolah agar tetap menggalakkan program kebahsaan dan kesastraan berupa pembentukan tim musikalisasi puisi di sekolah.

Kemudian, sasran kegiatan “Festival Digital Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022.” ini adalah tim musikalisasi puisi sekolah yang terdiri atas siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang bertugas sebagai pendamping. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu mengharapkan adanya partisipasi aktif sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu.  Besar harapan kita bahwa kegiatan ini tetap menjadi ajang apresiasi bagi siswa dan sekolah sehingga kehidupan bersastra generasi muda memiliki wadah yang tepat. Sedangkan sasaran lain adalah sasaran secara kelembagaan, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu bersama seluruh Cabang Dinas yang ada di wilayah kerjanya. Hal ini menjadi penting agar semua sekolah yang berada di daerah tetap terpanggil untuk mengikuti kegiatan ini. Sehingga pemerataan informasi tersampaikan dengan baik.

 Di samping itu, Indikator keberhasilan dari kegiatan ini adalah, (1) adanya 32 tim musikalisasi puisi yang mendaftar untuk menjadi peserta kegiatan ini; (2) adanya perwakilan sekolah terutama guru kesenian yang yang ikut terlibat dalam tim musikalisasi puisi sekolahnya; (3) peserta dibekali surat tugas dari kepala sekolah masing-masing; dan (4)  adanya dukungan dari kepala sekolah sehingga proses latihan dapat berjalan lancar. Kegiatan “Festival Digital Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022”  ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal berikut, yaitu

  • pendaftaran, 18 Juli—26 Agustus 2022;
  • pengiriman video, 22—27 Agustus 2022;
  • penilaian vidio, 29 Agustus 2022;
  • pengumuman pemenang, 31 Juli 2022.

Hasil dari tahapan pendaftaran, panitia telah menerima 32 sekolah yang telah mendaftar sebagai peserta. Namun, hanya ada 27 sekolah yang telah mengirimkan video musikalisasi puisi kepada panitia untuk dinilai.  Kemudian, tahapan penilaian video dilaksanakan di aula Raflesia Kantor, Bahasa Provinsi Bengkulu pada Senin, 29 Agustus 2022. Teknisnya, para juri berkumpul dan menyaksikan video penanmpilan peserta secara bersama-sama di ruangan Aula Raflesia. Poin penilaian video berdasarkan regulasi yang telah ditetapkan panitia, yaitu Penafsiran Puisi, Komposisi Musikal, Harmonisasi, Vokal, dan Penampilan. Tim juri menilai video penampilan pesrta untuk menentukan enam besar tim terbaik.

Selanjutnya tahapan penyerahan hadiah bagi enam tim pemenang, yaitu Pemenang I, Pemenang II, Pemenang III. Pemenang Harapan I, Pemenang Harapan II, dan Pemenang Harapan III dan sekaligu penampilan musikalisasi puisi para pemenang secara langsung. Acara ini dilaksanakan pada Rabu, 31 Agustus 2022 di Aula Hotel Nala Sea Side Bengkulu. Adapun daftar nama tim musikalisasi puisi yang dinytakan menang tahun ini adalah sebagai berikut.

  • Pemenang I, SMA Sint Carolus Kota Bengkulu
  • Pemenang II, MAN 1 Kota Bengkulu
  • Pemanang III, SMKN 1 Rejang Lebong
  • Pemenang Harapan I, SMAN 2 Bengkulu Selatan
  • Pemenang Harapan II, SMAN 7 Seluma
  • Pemenang Harapan III, MA S Darussalam Kepahiang