Duta Bahasa

Logo Duta Bahasa
Duta adalah seseorang yang menjadi wakil dalam bidang tertentu. Tugasnya, tentu saja, mempromosikan bidang yang diwakilinya. Tidak hanya sebatas ucapan, tetapi juga melalui perilaku.

Salah satu duta yang dimiliki Indonesia adalah duta bahasa. Pemilihan duta bahasa ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan Badan Bahasa Kemendikbud. Setiap tahun, Badan Bahasa Kemendikbud menggelar pemilihan duta bahasa untuk mengampanyekan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sekaligus menjaga kelestarian bahasa pemersatu bangsa tersebut.

Duta bahasa seharusnya adalah representasi pemuda yang memiliki kepekaan terhadap bahasa Indonesia. Menjadi duta bahasa berarti harus peduli akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Duta bahasa turut berperan dalam upaya membina, melindungi, dan mengembangkan bahasa Indonesia serta membantu badan atau balai/kantor bahasa dalam upaya mengampanyekan penting dan luhurnya bahasa Indonesia.
Duta bahasa juga sudah seharusnya diseleraskan dengan duta lainnya seperti duta wisata, duta antinarkoba, duta lingkungan, dan sebagainya. Dengan demikian, bahasa Indonesia akan memiliki kedudukan yang aman sebagai bahasa persatuan sehingga tidak dilunturkan dengan penggunaan bahasa asing yang berlebihan.
Kantor Bahasa Bengkulu juga rutin mengadakan seleksi duta bahasa. Tahun 2016 ini, pemilihan duta bahasa di Kantor Bahasa Bengkulu direncanakan dilaksanakan bulan Oktober 2016. Silakan mempersiapkan diri untuk mengikuti pemilihan Duta Bahasa Bengkulu Tahun 2016.

Sumber:
http://dutabahasa.blogspot.co.id/2012/11/duta-bahasa-cermin-pemuda-peduli-bahasa.html
(dengan beberapa perubahan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.