LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) BAHASA INDONESIA TINGKAT SLTA SEPROVINSI BENGKULU TAHUN 2016

Meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia adalah kewajiban setiap warga negara. Pesan ini adalah amanat undang-undang 1945. Peningkatan dilaksanakan oleh lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah sebab undang-undang telah menjamin kelestarian berbahasa dan berbudaya. Sementara itu, penyiapan dan cara menyampaikan materi untuk peningkatan tersebut adalah tugas lembaga yang telah ditetapkan pemerintah. Adapun lembaga itu adalah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) di pusat. BPPB merupkan lembaga pemerintah yang handal dan tepat dalam mengatasi krisis kebahasaan dalam masyarakat. Sedangkan di daerah, di Provinsi Bengkulu, BPPB mempunyai Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang bernama Kantor Bahasa Bengkulu (KBB).
KBB adalah lembaga perpanjangan tangan dari BPPB. Di Bengkulu, KBB mempunyai tugas dan fungsi serta kegiatan yang dilakukan relatif sama antara pusat dan daerah. Pada Tahun Anggaran 2016 ini KBB  mengadakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Adapun kegiatan tersebut diantaranya adalah Lomba Cerdas Cermat (LCC) bahasa Indonesia bagi Siswa SLTA se-Provinsi Bengkulu.

 LCC merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh KBB sebagai alat untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Kegiatan ini juga memberikan peluang bagi sekolah untuk melihat kemampuan peserta didik antarsekolah dalam memahami mata pelajaran yang sama. Diharapkan melalui kegiatan ini kepala sekolah melalui guru Bahasa Indonesia dapat menyesuaikan materi pelajaran dengan kualitas soal yang disuguhkan dalam kegiatan lomba ini. Sebab LCC merupakan lomba ketangkasan siswa  dalam bidang pelajaran Bahasa Indonesia.
Di samping itu, kegiatan ini merupakan kegiatan awal untuk mengikuti kegiatan LCC Bahasa Indonesia tingkat Regional Sumatera. Pada tahun ini, kegiatan LCC yang termasuk dalam agenda kegiatan Pekan Bahasa yang akan dilaksanakan pada tahun ini di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pada tahun ini, Provinsi Bengkulu akan diwakili oleh SMAN 1 Curup.

 Daftar Pemenang LCC Bahasa Indonesia tahun 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2016 di Aula LPMP Provinsi Bengkulu.

No.
Kelas Pemenang
Nama Sekolah
1.
Pemenang I
SMAN 1 Curup Kota
2.
Pemenang II
SMAN 3 Kota Bengkulu
3.
Pemenang III
SMAN 5 Kota Bengkulu
4.
Pemenang IV
SMAN 2 Kota Bengkulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.