Ki-lo-gram atau Ki-log-ram?

Pertanyaan di atas berkaitan dengan kaidah ejaan tentang pemenggalan kata yang dinyatakan dengan tanda hubung di antara suku kata yang dipenggal.
Jika ada dua konsonan yang berurutan di tengah kata, pemenggalannya dilakukan setelah konsonan pertama. Misalnya, April dipenggal menjadi Ap-ril, janji menjadi jan-ji, dan runding menjadi run-ding. Jika di tengah kata terdapat tiga konsonan atau lebih, pemenggalannya juga dilakukan setelah konsonan yang pertama. Contohnya, instansi dipenggal menjadi in-stan-si dan instruksi menjadi in-struk-si.

Pemenggalan kata yang mengandung bentuk trans- dilakukan dengan memperhatikan ketentuan berikut.
  1. Jika trans- diikuti bentuk bebas, pemenggalannya dilakukan dengan memisahkan trans- sebagai bentuk utuh dan bagian lainnya dipenggal sebagai kata dasar, misalnya kata transmigrasi dipenggal menjadi trans-mig-ra-si, transfusi menjadi trans-fu-si, dan transaksi menjadi trans-ak-si.
  2. Jika trans- merupakan bagian dari kata dasar, pemenggalannya dilakukan dengan mengikuti pola pemenggalan kata dasar. Misalnya, transenden dipenggal menjadi tran-sen-den, transisi menjadi tran-si-si, dan transit menjadi tran-sit.
Pemenggalan kata yang mengandung bentuk eks- dilakukan sebagai berikut.
  • Jika eks- terdapat pada kata yang pemakaiannya dapat disejajarkan dengan in- atau im-, pemenggalannya dilakukan di antara eks dan unsur berikutnya. Contoh: ekstra dipenggal menjadi eks-tra, ekspor dipenggal menjadi eks-por, eksklusif dipenggal menjadi eks-klu-sif.
  • Bentuk eks- yang tidak dapat disejajarkan dengan in- atau im-, pemenggalannya dilakukan di antara ek- dan bagian kata yang mengikutinya. Misalnya, kata ekses dipenggal menjadi ek-ses, ekstrem menjadi ek-strem, dan eksistensi menjadi ek-sis-ten-si.
Kata-kata lain yang terdiri atas dua unsur atau lebih yang salah satu unsurnya dapat bergabung dengan unsur lain, pemenggalannya juga melalui dua tahap. Mula-mula unsur itu dipisahkan, kemudian dipenggal dengan mengikuti pola pemenggalan kata dasar.
Contoh:
             kilogram dipenggal menjadi kilo dan gram, kemudian ki-lo-gram
             biografi dipenggal menjadi bio dan grafi, kemudian bi-o-gra-fi
             biologi dipenggal menjadi bio dan logi, kemudian bi-o-lo-gi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.