Sekilas Pekan Sastra Balai/Kantor Bahasa Se-Sumatra Tahun 2016

Latar Belakang
Menjabarkan kemelayuan sebagai konsep (ke)budaya(an) menjadi tanggung jawab penghuni Tanah Melayu. Melayu sebagai sebuah rumah yang dihuni oleh berbagai etnis dengan cara pandang dan sifat hidup yang berbeda-beda, semestinya tidak dipandang dan dilihat dengan pendekatan geo-politik. Jika hal ini terjadi maka pemahaman kemelayuan akan terjebak kepada penyempitan makna kemelayuan, hingga lahirnya anggapan bahwa kemelayuan telah menisbikan keindonesiaan. Atas kenyataan itu, pada tahun 2013, di Tanjungpinang, para kepala balai/kantor bahasa Se-Sumatra diajak oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Prof. Dr. Mahsun) untuk memikirkan sebuah kegiatan yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat Melayu yang mendiami Pulau Sumatra.
Atas dasar pemikiran dan kesepakatan para kepala Balai/Kantor bahasa Se-Sumatra, tercetuslah ide untuk mengadakan “Pekan Bahasa” dan “Pekan Sastra”. Dua kegiatan ini akan diselenggarakan secara rutin (setiap tahun) dan dihelat secara bergantian oleh Balai/Kantor Bahasa se-Sumatra. Patut kami sampaikan, sebelum menjadi tuan rumah, perhelatan Pekan Sastra telah berlangsung di Balai Bahasa Provinsi Jambi dan Pekan Bahasa di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Sebagai penyelenggara Pekan Sastra Balai/Kantor Bahasa se-Sumatra Tahun 2016, tentu saja mandat ini adalah sebuah kehormatan, karena kami menyadari bahwa, Provinsi Bengkulu termasuk ke dalam basis tumbuh dan berkembangnya kebudayaan Melayu.

Pekan Sastra Balai/Kantor Bahasa se-Sumatra Tahun 2016 di Provinsi Bengkulu ini akan memperlombakan 8 jenis lomba/kegiatan yakni:
1. Lomba Baca Puisi untuk Siswa SLTP
2. Festival Musikalisasi Puisi untuk Siswa SLTA
3. Lomba Berbalas Pantun untuk Mahasiswa
4. Lomba Mendongeng untuk Guru TK/PAUD
5. Lomba Dendang Syair untuk Umum
6. Penampilan Seni Pertunjukan
7. Temu Sastrawan
8. Penerbitan Antologi Sastra

Tujuan
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah: 

  • Membangun kehidupan kesastraan di Sumatra.
  • Meneruskan cita-cita pujangga.
  • Mengenalkan generasi muda terhadap sastra. 
  • Memberikan kesempatan berprestasi kepada siswa. 
  • Menghimpun kekuatan sastra di Sumatra.

Tema
Pekan Sastra Balai/Kantor Bahasa se-Sumatra Tahun 2016 mengusung tema, “Sastra, Pendidikan Berbudaya di Tanah Rafflesia”.

Peserta 

Peserta Pekan Sastra Balai/Kantor Bahasa se-Sumatra Tahun 2016 merupakan utusan masing-masing Balai/Kantor Bahasa di wilayah Sumatra.
Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Peserta Pekan Sastra Balai/Kantor Bahasa se-Sumatra Tahun 2016 adalah 5–9 September 2016.

Tempat Pelaksanaan

Tempat pelaksanaan Peserta Pekan Sastra Balai/Kantor Bahasa se-Sumatra Tahun 2016 adalah Hotel Nala Sea Side, Pantai Panjang, Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.