RILIS PEMILIHAN DUTA BAHASA PROVINSI BENGKULU TAHUN 2017

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Bengkulu. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menjaring generasi muda yang dapat menjadi kader bahasa sekaligus akan menjadi mitra Kantor Bahasa Bengkulu dalam memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia yang tertib, bahasa daerah dan bahasa asing sesuai dengan porsinya masing-masing. 

Pada tahun 2017 ini, Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu dilaksanakan dalam empat tahapan. Tahapan yang pertama yaitu Pendaftaran dan Seleksi Administrasi. Tahapan ini dilaksanakan pada 3 April 2017—3 Mei 2017. Pada tahapan ini, jumlah pendaftar adalah sebanyak 108 peserta. 
Tahapan kedua yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dan Pendalaman Potensi Diri yang dilaksanakan di Aula Bapelkes Provinsi Bengkulu pada 5 Mei 2017. Tahapan ini diikuti oleh 108 peserta yang telah lulus seleksi administrasi. Pada hari yang sama pada malam harinya, dilaksanakan pengumuman 20 finalis.

Tahap selanjutnya yaitu Pembekalan. Sesi ini dilaksanakan di Aula Bapelkes Provinsi Bengkulu pada 16—17 Mei 2017. Sebanyak 20 finalis diinapkan di Bapelkes Provinsi Bengkulu selama satu malam. Pada sesi pembekalan ini, kegiatan ini diisi oleh lima orang pemateri yaitu Karyono, S.Pd.,M.Hum. (Kebijakan Bahasa), Halimi Hadibrata, M.Pd. (Kelas Menulis), Dwi Ressy Oktiyana, S.Pd. (Kelas Kepribadian), Dr. Gumono, M.Pd. (Kelas Public Speaking), dan Rahmat Aulani (Kelas Inspirasi). 

Tahapan yang terakhir adalah final yang dilaksanakan di Hotel Nala Sea Side, Bengkulu pada 20 Mei 2017 pukul 19.00—00.30. Pada tahap final, peserta dinilai oleh tiga dewan juri yang sudah ditunjuk oleh Kantor Bahasa provinsi Bengkulu yaitu; Karyono, S.Pd.,M.Hum (Kepala Kantor Bahasa Bengkulu); Dr. Ani Suprapti, MS.Psi. (Psikolog), dan Dra. Hilda Puspita, M.A. (Akademisi). Pengumuman pemenang dilakukan pada akhir kegiatan. Pemenang Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2017 adalah sebagai berikut.

Peringkat
Putra
Putri
I
Muhammad Fendra Kari
Kurnia Syahputri
II
Ejontomi Afrizon
Suci Sartika Sari
III
Thoriq Hafif
Rachma Dwi Saputri
Favorit
Fardinata
Lenti Valentina

  

 
  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.