Kantor Bahasa Bengkulu Menyelenggarakan Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru SMP/MTs Se-Kota Bengkulu

Kantor Bahasa Bengkulu kembali menyelenggarakan Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru SMP/MTs Se-Kota Bengkulu. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada senin, 21 Agustus 2017, bertempat di Aula Hotel Nala Sea Side, Bengkulu.

Peserta berjumlah 50 orang dari SMP/MTs di Kota Bengkulu. Kegiatan dibuka secara resmi oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra. Rosmayetti, M.M.

UKBI termasuk jenis tes kemahiran (proficiency test) untuk tujuan umum (general purposes). Sebagai sebuah tes kemahiran, UKBI mengacu pada situasi penggunaan bahasa pada masa yang akan datang yang akan dihadapi oleh peserta uji.

Materi soal UKBI diejawantahkan dari materi-materi penggunaan bahasa Indonesia lisan dan tulis dalam ranah-ranah komunikasi tersebut. Dalam penggunaan bahasa Indonesia lisan, UKBI mengukur keterampilan reseptif peserta uji dalam kegiatan mendengarkan dan mengukur keterampilan produktif peserta uji dalam kegiatan berbicara. Dalam penggunaan bahasa Indonesia tulis, UKBI mengukur keterampilan reseptif peserta uji dalam kegiatan membaca dan mengukur keterampilan produktif peserta uji dalam kegiatan menulis. Selain menekankan pengukuran terhadap empat keterampilan berbahasa tersebut, UKBI juga mengukur pengetahuan peserta uji dalam penerapan kaidah bahasa Indonesia.

Informasi lengkap mengenai UKBI bisa dilihat di laman UKBI Badan Bahasa Kemendikbud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.