KANTOR BAHASA BENGKULU MENYELENGGARAKAN PENYULUHAN BAHASA BAGI INSAN MEDIA MASSA

Kantor Bahasa Bengkulu kembali menyelenggarakan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Insan Media Massa. Penyuluhan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 17 Oktober 2017, bertempat di aula Hotel Nala Sea Side. Penyuluhan diikuti oleh 30 peserta perwakilan media massa cetak, elektronik, dan daring (online) yang ada di Bengkulu.

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Sekretariat Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni, S.H., M.H. Materi yang disampaikan dalam penyuluhan sehari tersebut yaitu kebijakan bahasa oleh Karyono, S.Pd., M.Hum., pengetahuan kebahasaan oleh Halimi Hadibrata, M.Pd., dan bahasa jurnalistik oleh Dr. Agus Trianto, M.Pd.
Penyelenggaraan kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Media Massa ini adalah wujud silaturahmi antara Kantor Bahasa Bengkulu dengan insan media massa, khususnya di Kota Bengkulu. Kegiatan ini juga bertujuan untuk berbagi pengetahuan tentang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama di media massa.
Peran media massa atau pers dalam pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia tidak dapat disangsikan lagi. Ia tumbuh dan berkembang menjadi bahasa Indonesia yang dewasa ini kita gunakan. Tanpa peran media massa, bahasa Indonesia tidak akan menjadi bahasa persatuan kita.
Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Media memiliki peran penting karena berhubungan langsung dengan masyarakat sekaligus menjadi contoh penggunaan bahasa di ruang publik. Media massa adalah faktor utama dan paling efektif serta ampuh untuk mengembangkan sekaligus membina bahasa Indonesia.
Harus diakui masih banyak media massa yang belum menggunakan bahasa Indonesia baku sesuai kaidah. Oleh karena itu, apabila wartawan tidak tepat dalam berbahasa, maka informasi yang sampai ke publik pun akan salah, pembaca atau pendengar pun bisa salah menafsirkannya.
Oleh karena itu, dengan adanya penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan akan muncul solusi-solusi terbaik untuk pengembangan bahasa Indonesia melalui media massa di Provinsi Bengkulu. (AKS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.