Pengujian Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru Bahasa Indonesia SLTP dan SLTA Se-Kabupaten Lebong

Bengkulu (28 Agustus 2018) – Kantor Bahasa Bengkulu menyelenggarakan kegiatan Pengujian Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru Bahasa Indonesia SLTP dan SLTA se-Kabupaten Lebong. Kegiatan yang diikuti oleh 50 guru tersebut berlangsung sehari pada 28 Agustus 2018 dan bertempat di Aula SMPN 1 Amen.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh perwakilan Kantor Bahasa Bengkulu, Mariam Tomy, S.E. Pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Bidang Pembinaan dan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupatèn Lebong, Andri Darmawan, S.Pd.

UKBI merupakan tes standar untuk mengetahui kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia, baik penutur jati maupun penutur asing. Sebagai bangsa yang memiliki bahasa modern yang multifungsi dan memiliki jumlah penutur yang besar, bangsa Indonesia memang harus memiliki sarana evaluasi mutu penggunaan bahasa Indonesia. Tanpa menafikan peran wahana lain, UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya.