Bimbingan Teknis Tenaga Fasilisator Komunitas Literasi di Kabupaten Rejang Lebong

Jalinan Media — Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Fasilisator Komunitas Literasi di Kabupaten Rejang Lebong pada tanggal 24–26 Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Golden Rich Kabupaten Rejang Lebong. Sebelumnya, pada bulan Mei 2022 kegiatan serupa juga telah dilaksanakan bagi tenaga fasilisator komunitas literasi di Kota Bengkulu.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kabid Penyelenggara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Rejang Lebong, Esnaliati, S.Sos., dan dihadiri oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum.

Jumlah peserta kegiatan ini adalah tiga puluh orang yang berasal dari sepuluh komunitas literasi di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong, dan Kepahiang. Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan individu tenaga literasi yang andal dan dapat menyampaikan budaya gemar berliterasi di kalangan masyarakat secara efektif. Beliau berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antarkomunitas dan sebagai langkah awal Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu menyusun peta komunitas literasi Provinsi Bengkulu. Selain itu, Beliau juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat untuk memajukan komunitas literasi yang dikelola oleh tenaga fasilisator serta dapat menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia.