Tentang KKLP Literasi

Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Literasi merupakan salah satu dari tujuh KKLP yang ada di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. KKLP Literasi bertujuan untuk melaksanakan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang telah dicanangkan oleh pemerintah. GLN yang dicanangkan pemerintah terdiri atas tiga bagian, yaitu Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Literasi Masyarakat, dan Gerakan Literasi Keluarga. Gerakan Literasi Sekolah ditujukan untuk membudayakan literasi pada ranah pendidikan, yaitu ranah sekolah yang pelakunya antara lain guru, dosen, siswa, mahasiswa, dan pemangku kepentingan; Gerakan Literasi Masyarakat ditujukan untuk membudayakan literasi pada masyarakat; sedangkan Gerakan Literasi Keluarga ditujukan untuk membudayakan literasi pada keluarga, yaitu ibu, bapak, dan anak-anaknya.

            Oleh karena itu, dalam kaitan dengan peran bahasa sebagai penumbuh budi pekerti, Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melakukan 2 Gerakan Literasi Nasional (GLN) dengan tema “menciptakan ekosistem masyarakat berbudaya baca-tulis serta cinta sastra” dan dengan moto “mari menjadi bangsa pembaca”. Gerakan ini dilakukan berdasarkan pemahaman bahwa belajar tidak hanya dilakukan di sekolah. Dengan dasar inilah kegiatan GLN Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menjangkau generasi muda dan pegiat di komunitas literasi. Selain itu, GLN juga didasari oleh kesadaran untuk meningkatkan indeks literasi sekolah anak Indonesia dan menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa pembaca.

            Untuk mendukung kegiatan tersebut Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu menjalankan beberapa program melalui KKLP Literasi. Program tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Pemutakhiran Profil Komunitas Penggerak Literasi di Provinsi Bengkulu.
  2. Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi di Provinsi Bengkulu.
  3. Peningkatan Literasi Generasi Muda.

Program-program tersebut diharapkan dapat mengawali semangat Gerakan Literasi Nasional (GLN) di Provinsi Bengkulu. Salam Literasi!

 

Hubungi Kami:

KKLP Literasi Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu

Nama              : Olga Chaesa Novianti, S.S.

Nomor Ponsel: 081261527459

Pos-el               : chaesaolga@gmail.com

 

Berita KKLP Literasi

Lebih Lanjut

 
 

Peta Persebaran Komunitas Penggerak Literasi

Peta Persebaran Komunitas Penggerak Literasi merupakan hasil pengumpulan data pemutakhiran profil komunitas penggerak literasi di Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu pada tahun 2022.