Perhelatan kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dibagi menjadi beberapa tahapan berikut.

  1. Penyebarluasan Brosur

Pada tahapan ini, panitia Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2022 membuat dan mendistribusikan brosur yang berisi tentang pengumuman dan tahapan seleksi Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2022. Kegiatan pendistribusian brosur dilaksanakan melalui media sosial, baik media sosial milik Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu (@kantorbahasabengkulu), Ikatan Duta Bahasa Bengkulu (@ikadubasbengkulu), maupun media sosial milik pribadi panitia dan anggota Ikatan Duta Bahasa Bengkulu. Basanya, jenis media sosial yang digunakan yaitu Facebook, Instagram, dan Twitter. Kegiatan penyebarluasan brosur ini dilakukan sejak awal bulan Mei 2022 dan selalu diunggah ulang agar para calon peserta tahu dan ingat akan kegiatan ini.

Pada tahapan ini, pada akun Instagram Ikatan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu yang dikelola oleh tim admin dari anggota Ikadubas Bengkulu selalu melakukan sesi tanya jawab melalui cerita (snap) Instagram dan siaran langsung di Instagram untuk menampung pertanyaan dari para calon peserta dan berbagi tips dan trik tentang pemilihan duta bahasa. Melalui media sosial ini juga, panitia tidak hanya memberitahukan perkembangan seleksi, tetapi juga tips-tips yang dibutuhkan oleh calon peserta tentang kelengkapan syarat yang harus mereka penuhi, sebagai contoh tips membuat essai. Pada kesempatan lain, sosialisasi penyebaran brosur juga diselingi dengan kegiatan tatap muka berupa Temu Sapa dengan beberapa kampus yang ada di Bengkulu melalui BEM kampus tersebut.

  • Pendaftaran

Masa penaftaran untuk Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu tahun ini  dilaksanakan pada tanggal 1—25 Maret 2022. Pada tahun ini, proses pendaftaran dilaksanakan melalui dua cara, secara dalam jejaring (daring) dan luar jejaring (luring). Para calon peserta diharuskan mengisi formulir yang telah disiapkan panitia dalam bentuk google form  bagi peserta yang yang mendaftar melalui jalur daring. Setelah mengisi formulir, calon peserta wajib mencetak formulir tersebut dan melampirkan berkas persyaratan lainnya, lalu mengantarkan berkas tersebut atau mengirimkan berkas tersebut ke alamat Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Jalan Zainul Arifin Nomor 2, Timur Indah, Singaran Pati, Kota Bengkulu.

  • Seleksi Tahap I

Seleksi tahap I merupakan seleksi administrasi yang dilakukan untuk mengecek kelengkapan berkas para peserta yang telah mendaftar. Pada tahun 2022 ini, ada beberapa peserta yang tidak menyerahkan berkas kepada panita sehingga dinyatakan tidak lolos seleksi tahapan I.  Dari 108 peserta yang mendaftar, hanya 67 orang yang dinyatakan lolos seleksi berkas dan berhak mengikuti penilaian pada tahap selanjutnya. Adapun penilian yang dilakukan pada tahap ini adalah mempelajari berkas yang diterima seperti tahun lahir yang melebihi batas yang ditentukan. Kemudin, menilai visi dan misi peserta untuk mengikuti ajang pemilhan ini melalui tulisan esai yang mereka lampirkan. Secara lengkap, berkas administrasi yang dimaksud adalah:

  • salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • salinan ijazah terakhir
  • foto seluruh badan mengenakan pakaian dari kain batik
  • menulis essai populer tentang kemampuan diri untuk menjadi seorang Duta Bahasa Provinsi Bengkulu.
  • formulir pendaftaran yang telah diisi dengan data yang dibutuhkan.
  • map biru untuk peserta pria dan map merah untuk peserta wanita.
  • Seleksi Tahap II

Seleksi Tahap II Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu tahun ini diikti oleh 69 orang peserta dengan rincian 23 putra dan 46 putri. Pada tahapan ini,  semua peserta wajib mengikuti Tes UKBI Prediktif yang ada di Laman Kemdibud RI, wawancara, dan penilaian bakat yang dilakukan pada 28 Maret 2022 di Aula Raflesia, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. Tes UKBI Predikif merupakan tes kemahiran berbahasa Indonesia untuk mengukur tingkat kemahiran peserta dalam berbahasa Indonesia. Tes ini terdiri atas beberapa sesi, yaitu mendengarkan, merespons kaidah, dan membaca. Tujuan tes ini diberikan disamping skornya dijadikan sebagai ukuran standar kemahiran peserta dalam berbahasa, juga bagai pengenalan produk Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang ada di Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. Pelaksaan Tes UKBI dipndu oleh Ibu Melda Herlita selaku koordinator KKLP UKBI di Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. Dalam mengikuti tes ini, respons dari peserta sangat beragam karena selama ini mereka tidak mengetahui secara luas tentang UKBI. Kemudian, panitia menjelaskan secara lengkap bahwa UKBI adalah alat tes bahasa Indonesia yang dibuat seperti TOEFL tetapi dengan versi Indonesia.  Alat ini diunduh secara lenkap di Laman Badan Bahasa, Kemdikdudristek RI.

Setelah semua peserta mengikuti Tes UKBI, selanjutnya dilakukan wawancara dan penilaian bakat secara perorangan. Wawancara dilakukan untuk menilai kepribadian dan kemampuan personal baik akademik maupun kemampuan waicara publik peserta. Sebagaimana kita ketahui bahwa kemampuan wicara publik yang akan menjadi penilaian utama dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu. Kemudian, pada sesi ini, peserta juga diwajibkan menampiklan bakat yang dimilikinya sebagai bahan pertimbangan bagi juri untuk menilai kesiapan peserta menjadi bagian dari Duta Bahasa Provinsi Bengkulu. Tim wawancara dan penilai bakat peserta ini adalah M.Yusuf, Hellen Astria, M. Syahwalan, Amalia, Ejontomi Afrizon. Kemudian, wawancara dan penilaian bakat ini juga disaksikan oleh semua senior duta bahasa yang tergabung dalam Ikadubas Bengkulu. Hasil dari Seleksi Tahap II ini adalah munculnya nama-nama 20 finalis putra dan putri yang akan menjadi Duta Bahasa Bengkulu 2022. Adapun daftar peserta yang mengikuti seleksi tahap II adalah sebagai berikut.

  1. Peserta Putra
No.NamaInstansi
1Adri SeprianUniversitas Bengkulu
2Agung Romadhan SaputraUniversitas Bengkulu
3Alvin AdityaUniversitas Bengkulu
4Alvin Aska SaputraUniversitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno
5Andika AhmadUniversitas Bengkulu
6Derbi Aditia KoneroStikes Bhakti Husada Bengkulu
7Dio Rama NovriansyahUniversitas Dehasen
8Faishal Digdoyo PrasojoUniversitas Negeri Malang
9Fero SanjayaUniversitas Bengkulu
10Fitra SanjayaUniversitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno
11Hadi Wira HidayahUniversitas Bengkulu
12Hafiqi LauriUniversitas Bengkulu
13Ikhlashul AmalUniversitas Bengkulu
14IlhamUniversitas Bengkulu
15Jozi Ikhlas AttarikUniversitas Bengkulu
16Muhammad Thoriq AzizUniversitas Bengkulu
17Okta SaputraUniversitas Bengkulu
18Rahadi BimansaUniversitas Bengkulu
19Rewan JayadiUniversitas Bengkulu
20Reyvo ValerianUniversitas Bengkulu
21Ridho PrayudaUniversitas Bengkulu
22Rizaldi MalikUniversitas Pendidikan Indonesia
23Zikrillah Novidi GevitraUniversitas Bengkulu
Peserta Putra
  •  Peserta Putri
No.NamaInstansi
1Adelia NugrainiUniversitas Bengkulu
2Amanda Syaqilandrie HalilUniversitas Bengkulu
3Anaria SimbolonUniversitas Bengkulu
4Anita AnggrainiUniversitas Bengkulu
5Antika Dwi OktaviaUniversitas Bengkulu
6Ayuni Nisa SyafiraUniversitas Bengkulu
7Bella Rolina SariPoltekes Kemenkes
8Dea AmandaUniversitas Bengkulu
9Debby Utami Hersya FitriUniversitas Pendidikan Indonesia
10Dina Seftia NovizaUniversitas Bengkulu
11Dina SuselaUniversitas Bengkulu
12Dwika JanuartiUniversitas Bengkulu
13Dyah Olsania Yusri LestariFujian Normal University
14Embun Nur Octavia AzizahStikes Bakti Husada
15Fahira Wina AstutiUniversitas Bengkulu
16Indry Dwifa IrawanUniversitas Bengkulu
17Inggrid AtikaUniversitas Bengkulu
18Kenzi LodiantiUniversitas Bengkulu
19Liza RahmawatiUniversitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno
20Melinda Tri PutriPoltekes Kemenkes
21Miranti Mutiara IndahUniversitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno
22Msy. Aprilia HafizantiIAIN Curup
23Muthiya Dwi FebriantyUniversitas Bengkulu
24Mutiara AisyahUniversitas Bengkulu
25Nadia Putri KhairunnisaUniversitas Bengkulu
26Nereza WilindaStikes Bakti Husada
27Peli AndriantiUniversitas Bengkulu
28Pontia EsobaUniversitas Bengkulu
29Puji AnggitaUniversitas Bengkulu
30Putri NurkhairaniUniversitas Bengkulu
31Putri UtamiUniversitas Bengkulu
32Qoriah Agustina SariStikes Bakti Husada
33Regina AuliaUPN Veteran Yogyakarta
34Reka ArdilaStikes Bakti Husada
35Rizki SanderaUniversitas Bengkulu
36Rosa MelindaUniversitas Terbuka
37SalsabilaStikes Bakti Husada
38Sari Azni NurcahyatiUniversitas Bengkulu
39Sevilla Bella KharismaUniversitas Bengkulu
40Sherly Eki WinandaUniversitas Bengkulu
41Sherly Nurul AfidaUniversitas Bengkulu
42Sindi Engga MutiaraStikes Bakti Husada
43Siti RamazellaUniversitas Bengkulu
44Ulfah Nur AzizahUniversitas Bengkulu
45Vertia R. ViyantiUniversitas Bengkulu
46Wafi Aulia TsabitaUniversitas Bengkulu
Peserta Putri
  • Krida Kebahasaan

Berdasarkan hasil penilaian wawancara, bakat dan skor UKBI Prediktif peserta Seleksi Tahap II, panitia menetapkan dua puluh finalis putra dan putri Duta Bahasa Bengkulu tahun 2022. Kedua puluh finalis ini wajib mengikuti tahapan kerida kebahasaan dan kesastraan yang telah di susun. Adapun tahapan krida adalah taklimat, memasangkan peserta menjadi sepuluh pasang putra dan putri, dan penyematan selempang serta nomor tampil finalis yang dilksanakan di Aula Raflesia.

Kemudian, sepuluh pasang finalis dibagi ke dalam lima kelompok krida sesuai dengan jenis krida yang telah ditentukan. Kemudian, pada akhir masa krida kebahasaan ini setiap pasang wajib mempresentasikan krida yang mereka lakukan di depana pembina dan Duta Bahasa Nasional tahun lalu dengan memberikan kesimpulan yang berdampak terhadap krida yang mereka lakukan baik secara pribadi maupun sebagai anggota Ikadubas.  Adapun lima kelompok krida tersebut adalah sebagai berikut.

No.Kelompok IKelompok IIKelompok IIIKelompok VIKelompok V
1Alvin AdityRidho PrayudaIlhamAgung RamadhanFaishal Digdoyo Prasojo
2Sevila Bella KharismaSari Azni NurcahyatiSyerly Eki WinandaMutiara AisyahWafi Aulia Tsabitah
3ZikrillahHafiqi LauryRewan JayadiIkhlasul AmalRahadi Bimansyah
4Diyah OlsaniaLiza RahmawatiAnaria SimbolonPonti EsobaDeby Utami Harsya Fitri
Pembagian kelompok Krida Kebahasaan dan Kesastraan

  Kelompok I dan II melaksanakan krida kebahasaan di Lapas Anak Kelas II Bengkulu dengan memberikam materi pelajaran kebahasaan, kesastraan, dan literasi. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman kepada finalis dalam menjalankan tugasnya sebagai pelopor trigatra bangun bahasa kepada masyarakat. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak-anak yang ada di lapaz merupakan warga binaan yang kurang mendapatkan perhatian soal pendidikan. Oleh karena itu, sebagai pelopor dua kelompok krida ini ditugasi menjadi model di Lapaz Anak Bentiring, Bengkulu selama satu bulan.

Prosedur dan tahapan yang dilakukan adalah pertama pembina melakukan audiensi dengan pimpinan lapas melalui Kepala Bagian Program Pembinaan, Bapak Heppi. Kemudian, membuat surat sebagai tertib adminstrasi kepada bagian adminstrasi di Lapas Anak Bentiring. Setelah itu, tim krida ditemukan dengan anak-anak binaan yang berjumlah 25 orang. Kegiatan dilakukan di ruang kelas dengan membagi jadwal setiap Selasa dan Rabu pada setiap minggunyanya selama masa krida berlangsung. Respons dari anak-anak binaan sangat baik dan mereka cukup aktif dalam mengikuti pelajaran. Kepala Lapas melalui bagian program juga mengucapkan teria kasih kepada tim duta bahasa dan berharap kegiaan ini akan terus dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Kemudian, Kelompok III membuat kerida kebahasaan berupa permainan anak yang diberi nama Labirin Bahasa. Permainan ini pada dasarnya sama dengan jenis permainan seperti Ular Tangga, Monopoli, Ludo dan jenis lainnya. Namun, ada hal yang berbeda yaitu tentang materi yang ada dalam permainan ini yaitu tentang bahasa dan sastra Indonesia dan daerah serta lagu daerah yang ada di Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Kelompok IV membuat krida berupa penelitian tentang sikap bahasa genersi muda dalam mengutamakan bahasa Indonesia. Penelitian ini melibatkan 100 orang sampel yang berusia 18—25 tahun yang dipilih berdasarkan lokasi keberadaan mereka. Lokasi sampel yang kami maksud adalah pengguna jalan umum di Bundaran Tugu Fatmawati, kampus, pasar tardisional, dan pusat perbelanjaan. Hasil krida ini menunjukkan bahwa sikap pengutamaan bahasa Indonesia generasi muda di Bengkulu cukup baik yaitu di atas 50%.

Kemudian, yang terakhir adalah Kelompok V dengan krida berupa pembuatan buku bacaan anak yang terintegrasi dengan aplikasi metaverse. Buku ini sangat menarik sebab bisa dibaca dan didengarkan dengan dua media yang berbeda. Sehinga inovasi ini diharapkan menjadi model baru bagi krida duta bahasa pada tahun mendatang. Hasil krida ini berupa buku bacaan yang dilengkapi dengan kode batang yang dapat dipindai untuk mendengarkan cerita dari Burniat yang menjadi tokoh utama dalam buku ini. Tim ini sudah beberapa kali melakukan sosialisasi tentang buku ini kepada anak-anak dan bahkan anak-anak disabilitas yang ada di sekolah luar biasa.   

  • UKBI Adaptif

Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan para finalis dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hasil dari UKBI Adaptif ini juga menjadi pertimbangan terbesar terhadap penentuan nilai akhir terhadap penetapan pemenang tiga besar. Pelaksanaan Tes UKBI Adaptif ini dilaksanakan pada Kamis, 19 Mei 2022 di Ruang Aula Raflesia, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dan dipandu oleh Koordinator UKBI Provinsi Bengkulu, Melda Herlita, S.Pd.. Hasil UKBI Adaptif para Finalis Duta Bahasa Provinsi Bengkulu ini dalah sebagai berikut.

Laporan UKBI Adaptif 
Duta Bahasa Provinsi Bengkulu 
Peserta Mengikuti Uji Tanggal 19-05-2022 Pukul 10.00 TUKBI Pusat Jakarta 
No.Nama PesertaStatusSeksi 1Seksi 2Seksi 3SkorPeringkat
1Sherly Eki WinandaSelesai695680695690Sangat Unggul
2IlhamSelesai635680650655Sangat Unggul
3Alvin AdityaSelesai575656635622Unggul
4Sari Azni NurcahyatiSelesai680680500620Unggul
5Posntia EsobaSelesai605536665602Unggul
6Faishal Digdoyo PrasojoSelesai485632665594Unggul
7Mutiara AisyahSelesai590512680594Unggul
8Ikhlashul AmalSelesai485608680591Unggul
9Liza RahmawatiSelesai440680650590Unggul
10Debby Utami Hersya FitriSelesai605488665586Unggul
11Zikrillah Novidi GevitraSelesai440680635585Unggul
12Agung Romadhana Saputra MDSelesai485656605582Unggul
13Wafi Aulia TsabitahSelesai380680680580Unggul
14Dyah Olsania YusriSelesai620488575561Madya
15Rahadi BimansahSelesai350632695559Madya
16Anaria SimbolonSelesai620560455545Madya
17Sevilla Bella KharismaSelesai275632620509Madya
18Rewan JayadiSelesai350488560466Semenjana
19Hafiqi lauriSelesai620464260448Semenjana
20Ridho PrayudaSelesai290488560446Semenjana
Skor UKBI Adaptif Merdeka Finalis Duta Bahasa 2022
  • Pembekalan

Tahapan pembekalan dilaksanakan pada 21—22 Mei 2022 di Aula Hotel Adeeva, Jalan Pantai Panjang Bengkulu. Pada tahun ini finalis tidak diinapkan layaknya kegiatan pemilihan di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena konsep anggaran pemilihan masih merujuk pada pemilihan tahun sebelumnya, yaitu masa pandemi dengan aturan PPKM yang berlaku. Namun, agenda kegiatan masih merujuk pada materi sebelumnya. Adapun agenda pebekalan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu tahun 2022 adalah sebsgai berikut. 

HariMateriNarasumber
PertamaKebijakan BahasaDra. Yanti Riswara, M.Hum.
Presentasi dan Berbicara di Depan PublikDiana Saadah, M.Psi.
Menulis Esai PopulerValisneria Utami, M. Ed.
KeduaKepribadianDwi Ressy Oktiyana, S.Pd.
InspirasiShally Nurhabibi, S.Pd.
Pengantar Budaya Provinsi BengkuluDrs. H.S.Effendy, M.S.
Kelas Pembekalan Finalis Duta Bahasa 2022

Pelaksanaan pembekalan hari pertama dan kedua berjalan dengan lancar. Semua peserta aktif mengikuti pemberian materi oleh narasumber. Setiap pemberian materi diakhiri dengan tanya jawab antara peserta dan narasumber. Pembekalan hari pertama dan kedua dilaksanakan mulai dari pukul 08.00—17.15 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

  • Penampilan Bakat

Penampilan bakat dalam pemilihan duta bahasa adalah sebuah tahapan yang harus dilewati oleh semua finalis. Penampilan bakat berkaitan dengan identitas finalis secara personal tetapi bakat yang yang dinilai bukanlah fokus pada bakat kebahasaan aau kesastraan saja. Bakat yang dituntut dari semua finalis sangat beragam sesuai dengan kemauan mereka sendiri. Konsep penampilan dan penilaian bakat ini adalah melihat potensi diri finalis dan pelestarian seni dan budaya Bengkulu secara umum. Penampilan bakat dilakuakn setelah pelaksanaan Tes UKBI Adaptif, yaitu tanggal 19 Mei 2022 di Aula Raflsia. Daftar bakat finalis adalah sebagai berikut.

No.Nama FinalisJenis Bakat
1IlhamPidato
2Alvin AdityaMonolog
3Sari Azni NurcahyatiMengajar
4Pontia EsobaPuisi
5Faisahal Digdoyo PrasojoMonolog
6Sherly Eki WinandaMenari
7Mutiara AisyahMenari
8Ikhlashul AmalMenyanyi
9Liza RahmawatiPuisi
10Debby Utami Hersya FitriBahasa Isyarat
11Zikrillah Novidi GevitraPuisi
12Agung Ramadhan SaputraPencak Silat
13Wafi Aulia TsabitahMotivator
14Diyah Olsania Yusri LestariPuisi
15Rahadi BimansahPuisi
16Anaria SimbolonMenyanyi
17Sevilla Bella KharismaMenari
18Rewan JayadiPewara
19Hafiqi lauriMendongeng
20Ridho PrayudaMenyanyi
Daftar Bakat Finalis
  • Final

Malam Final Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dilaksanakan pada 23 Mei 2022 di Aula Hotel Adeeva, Jalan Pariwisata, Pantaipanjang, Bengkulu. Kegiatan malam final ini adalah kegiatan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan pemilihan duta bahasa pada setiap tahunnya. Pada acara ini finalis akan dinobatka sebagai Duta Bahasa Provinsi Bengkuludan berhak atas slempang yang diberikan dan keikutsertaan dalam berbagai kegiatan kedutaan yang ada di Provinsi Bengkulu.

Gambaran umum kegiatan ini adalah kewajiban para finalis menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh dewan juri tanpa diberikan kisi-kisinya sebelumnya. Hal ini akan menjadi tantangan bagi semua finalis untuk menunjukkan kualitas dan pengetahuan kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan. Diharapkan, dengan segala materi yang telah diberikan pada saat pembekalan para finalis dapat menjawab semua pertanyaan yang diberikan dewan juri. Adapun dewan juri yang memberikan penilaian pada malam final ini adalah sebagai berikut.

No.Nama JuriJabatanKomposisi Penilaian
1Dra. Yanti Riswara, M.Hum.Kepala Kantor BahasaPenguasaan bahasa Indonesia
2Dr. Dedi Wahyudi, M.M.Wakil Walkota BengkuluPengetahuan Umum dan Pengetahuan Bahasa Asing
3Dr. Sarwit Sarwono, M.Hum.Dosen FKIP UNIBPenguasaan Budaya dan Bahasa Daerah
Daftar Juri

Di penghujung acara diumumkan Duta Bahasa Terbaik I, II, dan III Putra dan Putri. Kemudian, diberikan penghargaan kepada Duta Bahasa Terfavorit dan Penampi Bakat Terbaik Putra dan Putri berdasarkan penilaian regulasi yang telah ditentkan dan disepakati oleh semua juri dan panitia. Masing-masing Duta Bahasa Terbaik akan mendapatkan tropi kemenangan, piagam, dan uang pembinaan. Sedangkan, semua finalis yang telah dinobatkan menjadi Duta Bahasa Provinsi Bengkulu Tahun 2022 mendapatkan uang transpor dari Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. Adapun rincian uang pembinaan yang diberikan kepada semua Duta Bahasa Terbaik adalah sebagai berikut.

Terbik I (Putra dan Putri)                            Rp4.000.000,00

Terbaik II (Putra dan Putri)                         Rp3.000.000,00

Terbaik III (Putra dan Putri)                        Rp2.000.000,00

Dubas Favorit (Putra dan Putri)                 Rp500.000,00

Bakat Terbaik (Putra dan Putri)                  Rp500.000,00

Hasil dari kegiatan malam final ini adalah lahirnya Duta Bahasa Terbaik tahun 2022. Nama-nama duta bahasa tersebut adalah sebagai berikut.

PeringkatPutraPutri
Duta Bahasa Terbaik IFaishal Digdoyo PrasojoSyerly Eki Winanda
Duta Bahasa Terbaik  IIAlvin AdityaSari Azni Nurcahyati
Duta Bahasa Terbaik  IIIIlhamLiza Rahmawati
Duta Bahasa FavoritRidho PrayudaSevila Bella Kharisma
Duta Bahasa Penampil BakatHafiqi LauryWafi Aulia Tsabitah
Daftar Pemenang

*Ysf

Categories:

Comments are closed

Pojok Bahasa & Sastra
Selanjutnya ...
Arsip
Lokasi