Profil PPID

PROFIL PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KANTOR BAHASA PROVINSI BENGKULU

Untuk menjalankan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance) melalui penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, dan supremasi hukum, serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik.

 

Terkait Pelayanan Informasi Publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tersebut, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Begkulu menetapkan PPID di Lingkungan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Nomor 0970/I4.26/OT.02.02/2023 Tahun 2023 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu. dalam pelaksanaan tugas memberukan layanan informasi publik, PPID Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 41 Tahun 2020 tentang Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berdasarkan peraturan tersebut, PPID Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu bertanggung jawab untuk melakukan penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, pelayanan, dan pengamanan informasi publik.

 

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu berkomitmen untuk melaksanakan layanan informasi publik secara prima dan berkelanjutan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 41 Tahun 2020 tentang Layanan Informasi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Salam keterbukaan informasi. Hak Anda untuk Tahu.

 

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu,
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Selaku Atasan PPID Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu











Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum.

 

MAKLUMAT PELAYANAN

BERITA TERBARU