Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu

Staf Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu (2022)

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor: 64/Kep/2008, tanggal 9 September 2008; tentang Pembentukan Delapan Kantor Bahasa Baru dan berdasarkan persetujuan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor B/2795.6/M.PAN/9/2008 yang ditandatangani oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Taufik Efendi. Pada 18 Agustus 2009, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu diresmikan oleh Kepala Pusat Bahasa yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan, Drs. Mustakim, M.Hum.

Pada 10 Desember 2009, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu secara resmi disahkan operasionalnya oleh Kepala Pusat Bahasa. Pada tahun 2010, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu sudah memiliki DIPA sendiri. Terhitung mulai Januari 2010, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu sudah mulai melaksanakan kegiatan dengan jumlah pegawai 7 orang dan 1 orang pramubakti.

Saat ini, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu bergerak melakukan pelayanan dengan tenaga 19 orang pegawai dan 6 orang pramubakti di bawah kepemimpinan Ibu Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum. yang bertugas sebagai Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu sejak 1 Juni 2022.

Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum. – Kepala Kantor Bahasa Bengkulu (aktif)

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan dan Pelindungan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan fungsi pengembangan dan pelindungan bahasa dan sastra di Provinsi Bengkulu melalui tujuh Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP). Masing-masing KKLP melaksanakan tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Gedung Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu saat ini bertempat di komplek BPMP Provinsi Bengkulu, Jalan Zainul Arifin, Nomor 2, Kelurahan Timur Indah, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.

Kunjungi Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dengan panduan Google Maps