Kegiatan Uji Keterbacaan Bahan Penerjemahan Cerita Anak Berbahasa Daerah Bengkulu ke Bahasa Indonesia Tahun 2022 merupakan kegiatan lanjutan dari rangkaian kegiatan Penerjemahan di Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu pada tahun anggaran 2022. Kegiatan ini dilakukan di dua kabupaten yang berbeda, merujuk pada asal bahasa daerah yang digunakan pada naskah cerita anak yang akan menjadi produk penerjemahan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu pada tahun 2022, yaitu Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Kegiatan uji keterbacaan ini dilaksanakan pada 1—2 September 2022 di SD Negeri 65 Seluma dan pada 4—5 September 2022 di SD Negeri 116 Bengkulu Utara. Kabupaten Seluma merupakan daerah asal bahasa Bengkulu dialek Serawai Seluma dan Kabupaten Bengkulu Utara merupakan daerah asal bahasa Rejang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Ibu Dwi Laily Sukmawati, S.Pd., M.Hum., dengan didampingi oleh kepala sekolah masing-masing sekolah yang menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan. Ibu Laily memberikan pengarahan terkait kelanjutan dari tahapan kegiatan Penerjemahan di KBP Bengkulu. Pada kesempatan ini, Ibu Laily menerangkan apa yang harus dilakukan oleh anak-anak pada tahap uji keterbacaan ini. Beragam ekspresi dan celoteh-celoteh khas peserta muncul pada tahap uji keterbacaan ini, mulai dari kelas yang hiruk pikuk karena anak-anak membaca kencang, suara anak-anak yang memanggil karena semua hal  mau ditanyakan, hingga anak-anak yang saling ganggu saat temannya seang asyik membaca. Namun, semua hal tersebut tidak mengganggu ketercapaian dari tujuan yang diharapkan dari uji keterbacaan ini. Semua anak-anak, baik dari Kabupaten Seluma maupun dari Kabupaten Bengkulu Utara, mampu membaca dan memahami naskah yang diberikan kepada mereka.

Tags:

Comments are closed

Pojok Bahasa & Sastra
Selanjutnya ...
Arsip
Lokasi